Panduan VPN untuk pemula

Apa itu VPN

Panduan VPN untuk pemula

Virtual Private Networking (VPN) adalah paket teknologi yang:

  • Menyediakan privasi dengan menyembunyikan aktivitas internet Anda dari ISP Anda (dan pemerintah)
  • Ini memungkinkan Anda melepaskan diri dari penyensoran (di sekolah, kantor, ISP atau pemerintah Anda)
  • Ini memungkinkan Anda untuk benar-benar memindahkan tempat yang Anda hubungkan agar Anda dapat mengakses layanan online yang telah ditolak karena lokasi geografis Anda (misalnya saat Anda berlibur)
  • Ini melindungi Anda dari hacker saat Anda menggunakan kafe internet publik atau Wifi publik
  • Ini memungkinkan Anda mendownload P2P secara anonim.

Untuk dapat menggunakan VPN Anda harus terlebih dahulu mendaftar ke layanan VPN, yang biasanya berharga antara 5 euro dan 10 euro per bulan (dengan pengurangan hingga 2 euro per bulan jika Anda membeli langganan selama 6 atau 12 bulan). Sebuah kontrak VPN diperlukan jika Anda ingin menggunakan layanan VPN.


Perhatikan bahwa menggunakan layanan VPN tidak menggantikan kebutuhan ISP (Internet Service Provider), karena ISP Anda menyediakan jalur Internet.


Komentari Komersial dan Wajib VPN


Teknologi VPN pada awalnya dikembangkan untuk memungkinkan pekerja jarak jauh terhubung dengan aman ke jaringan perusahaan untuk mengakses sumber daya saat mereka bekerja jauh dari kantor mereka. Bahkan jika VPN masih digunakan dengan cara ini, istilah ini sekarang mengacu pada penggunaan komersial layanan VPN yang memungkinkan pengguna pengguna mengakses Internet dari server mereka secara pribadi.
Artikel ini (dan seluruh bagian VPN di situs web kami www.cloudstoragenews.it) berhubungan secara eksklusif dengan layanan VPN komersial dan istilah tersebut tidak boleh disalahartikan dengan jaringan.

Bagaimana cara kerjanya?

Biasanya, ketika Anda terhubung ke Internet, Anda segera terhubung ke penyedia saluran telepon Anda, yang juga merupakan situs web yang sama yang menyediakan rumah atau kantor Anda. Baris ini terhubung ke semua situs web di dunia yang ingin Anda kunjungi. Semua lalu lintas Internet Anda lewat dari server penyedia layanan Internet (ISP) Anda dan oleh karena itu dapat dilihat oleh ISP Anda.

Bila Anda menggunakan VPN, Anda terhubung ke server yang dikelola oleh penyedia VPN Anda melalui koneksi terenkripsi (kadang-kadang disebut "terowongan VPN"). Ini berarti bahwa semua data yang dikirim dari PC ke server VPN dienkripsi dan hanya Anda dan server VPN dapat "melihat" mereka. Hal ini membawa serangkaian konsekuensi penting:

1. ISP Anda (salah satu yang memberi Anda jalur Internet), tidak dapat mengetahui apa yang Anda lakukan dan tempat Anda berselancar.
  • Anda tidak dapat melihat data Anda karena mereka dienkripsi
  • Anda tidak dapat melihat situs Anda yang Anda kunjungi karena semua aktivitas penjelajahan dikelola oleh VPN. Layanan Internet hanya bisa tahu bahwa Anda terhubung online, tidak ada yang lain.
2. Sembunyikan lokasi Anda dengan menghubungkan ke lokasi lain dan alamat IP.
  • Jika server VPN berada di lokasi yang berbeda dari negara tempat Anda berada, penyedia layanan Internet yang Anda gunakan (Fastweb misalnya) menganggap Anda terhubung dari negara lain selain negara Anda. Inilah sebabnya mengapa layanan VPN menawarkan beberapa server di banyak negara.
  • Semua orang yang memantau aktivitas internet Anda (pemerintah, kantor, sekolah, dll.) Hanya dapat melihat dari mana server VPN Anda terhubung. Alamat IP Anda tersembunyi, bertopeng di belakang negara tempat server VPN berada. Quesot berarti tidak ada yang tahu alamat IP sebenarnya.
3. Anda terlindungi bahkan saat menggunakan WiFi umum.

Sambungan Internet antara perangkat Anda dan layanan VPN akan dienkripsi. Bahkan jika seorang hacker entah bagaimana berhasil menyusup dan mencegat orang-orang yang Anda ajak, Anda tidak perlu khawatir karena semua itu dienkripsi.

4. Penyedia VPN Anda mungkin tahu apa yang Anda lakukan di Internet.
  • Jika Anda menaruh kepercayaan Anda pada VPN, ketahuilah bahwa janji privasi dan perlindungan anonimitas Anda sering terpenuhi.
  • Layanan VPN yang lebih sadar privasi menggunakan teknologi yang lebih baik untuk mengetahui sesedikit mungkin tentang Anda.
5. Sambungan Internet Anda melambat karena:
  • Encrypting dan decrypting data membutuhkan energi. Ini berarti, secara teknis, semakin lambat enkripsi koneksi Anda semakin kuat. Namun, mengingat efisiensi komputer modern, masalahnya sangat kecil bila dibandingkan dengan ...
  • Jarak ekstra dimana data Anda harus melakukan perjalanan. Menggunakan VPN selalu memperkenalkan beberapa kilometer lebih dalam perjalanan yang harus dilakukan data Anda terhadap server VPN. Semakin jauh server VPN, semakin Anda harus menempuh perjalanan data Anda, semakin lambat koneksi.
  • Jika Anda terhubung dari server VPN yang berada di dekat meja kerja Anda, Anda dapat mengharapkan sekitar 10% lebih sedikit kecepatan Internet dibandingkan penggunaan Internet tanpa VPN. Jika Anda terhubung ke server di sisi lain dunia, persentase hanya dapat meningkat.

Juga harus dikatakan bahwa beberapa layanan VPN lebih baik daripada yang lain terkait dengan kecepatan koneksi. Ada faktur yang mempengaruhi kecepatan saat energi dihabiskan, tersedia broadband dan beban (berapa banyak orang yang menggunakan server yang sama pada saat yang bersamaan).

Untuk mendapatkan performa terbaik dalam hal kecepatan VPN, Anda harus terhubung dari server terdekat ke situs yang ingin Anda gunakan atau sedekat mungkin dengan lokasi Anda.

Misalnya, jika saya ingin mengakses Netflix USA dari Italia, saya akan terhubung ke server yang berada di AS namun sedekat mungkin ke Italia (di pantai timur Amerika Serikat seperti New York, itu akan ideal).


Apakah semuanya legal?

Tentu saja, di banyak negara, warga negara memiliki hak hukum atas privasi dan sejauh yang saya tahu, menggunakan layanan VPN legal di seluruh dunia.  
Beberapa negara yang lebih represif, seperti China dan Iran, yang tidak mengizinkan kebebasan untuk menjelajah Internet, telah melarang layanan VPN di negara mereka dan selalu berusaha untuk memblokir pengguna yang terhubung di luar perbatasan mereka.
Bahkan di China, bagaimanapun, yang memiliki sistem penyensoran paling canggih di dunia, ia tidak dapat sepenuhnya memblokir layanan VPN, namun hanya sebagian.
Di Eropa, ancaman terorisme telah mendorong berbagai pemerintah untuk mengenalkan undang-undang pengawasan dan di banyak negara (seperti Prancis dan Inggris), layanan VPN harus, secara hukum, menjaga agar aktivitas tetap terbuka. Pengguna VPN yang menginginkan privasi karenanya harus menghindari layanan VPN yang berbasis di kedua negara ini dan mengakses server di negara-negara di mana log tidak diwajibkan oleh undang-undang.


Kemana saya mulai

Ada sejumlah layanan VPN yang mengesankan yang menginginkan perhatian Anda dan sayangnya tidak semua VPN diciptakan sama. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah untuk memeriksa ulasan dan saran kami di situs di VPN terbaik (kami berada di sini untuk ini!). 

Mungkin, hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah mengapa Anda memerlukan VPN. Apakah Anda ingin lebih banyak privasi untuk browsing internet? Apakah Anda ingin mendownload materi tanpa ada yang melihat Anda? Apakah Anda ingin melepaskan diri dari Tembok Besar China? Atau apakah Anda hanya ingin menonton layanan streaming dari luar negeri?

Bahkan jika semua layanan VPN memenuhi kebutuhan ini dengan baik atau buruk, tidak ada layanan VPN yang sempurna. Unsur yang harus Anda pertimbangkan adalah sebagai berikut:
  • Harga  (tentu saja!)
  • Kecepatan  - VPN selalu memerlukan hilangnya kecepatan karena jarak yang sangat jauh dimana data Anda berjalan dan untuk enkripsi dekripsi yang sama.
  • Privasi  - semua VPN menjanjikan privasi, tapi apa artinya sebenarnya? Apakah VPN membuat saya anonim?
  • Keamanan  - seberapa bagus ukuran keamanan yang melindungi lawan (hacker, NSA, berbagai pemerintah) yang ingin mengakses data Anda.
  • Jumlah server / negara  - Jika Anda perlu terhubung dari server yang berada di mana-mana, semakin banyak yang mereka tawarkan semakin baik.
  • Nomor sambungan serentak  - Beberapa penyedia VPN membiarkan Anda menghubungkan satu perangkat pada satu waktu, sementara yang lain lebih dispositif pada saat bersamaan, PC, laptop, smartphone, Xbox Anda.
  • Dukungan Teknis  - Banyak pengguna VPN hanya mengetahui dasar-dasarnya, jadi dukungannya harus a) cepat dalam menjawab pertanyaan Anda dan b) mengetahui bagaimana menjelaskan masalah teknis yang kompleks dengan kata-kata sederhana.
  • Uji coba gratis dan garansi uang kembali : mungkin cara terbaik untuk memutuskannya adalah mencobanya sendiri sebelum membeli!
  • Software  - Klien VPN seharusnya tidak hanya cantik secara estetis, tapi juga memiliki banyak fitur, kode yang paling banyak adalah killswitch minyak dan perlindungan terhadap kebocoran DSN (dijelaskan dalam artikel ini).
  • Dukungan multi platform  - layanan tidak ada gunanya jika tidak bekerja pada Windows, Apple dan Linux.  
Untuk mendaftar ke VPN, cukup kunjungi situs web mereka dan ikuti linknya. Penyedia VPN memberi petunjuk tentang cara mengunduh klien dan ulasan kami semuanya memiliki bagian "Proses" yang menjelaskan keseluruhan proses pendaftaran.


VPN gratis

VPN gratis ada tapi sangat terbatas dalam fungsi atau tidak dapat diandalkan karena mereka menjual data pribadi Anda dengan uang. Mengelola VPN tidak murah, jadi Anda harus bertanya pada diri sendiri apakah layanan VPN gratis mampu beroperasi. Seperti kata pepatah lama, saat Anda tidak membayar produk, Anda adalah produknya.
Konon, beberapa layanan gratis bisa jadi layak seperti Cyberghost misalnya meski sangat terbatas. VPNGate juga bagus dan didanai oleh relawan.

Anda tetap harus sadar bahwa tidak ada VPN gratis yang menawarkan kinerja yang berbayar.

Karena harga bulanan sangat rendah, 5 euro adalah harga bir, saya sangat menyarankan Anda untuk bergerak menuju layanan penuh dari semua fungsi.


Seberapa aman kamu

enkripsi

VPN melindungi Anda menggunakan enkripsi. OpenVPN tampaknya menjadi enkripsi terbaik, ada banyak tapi ini adalah artikel untuk orang-orang yang mendekati VPN untuk pertama kalinya jadi saya akan membicarakannya. Artikel lebih rinci akan segera ditulis!

Default minimum untuk OpenVPN adalah sebagai berikut:

Jabat tangan: RSA-2048
Otentikasi Hash: SHA-1
Cipher: Blowfish-128

Ini lebih dari cukup untuk sebagian besar pengguna, namun jika Anda adalah tipe orang yang peduli dengan NSA, kami merekomendasikan sebagai berikut sedikit minyak:

Protokol VPN: OpenVPN dengan Perfect Forward Secrecy diaktifkan
Jabat tangan: RSA-2048
Otentikasi Hash: SHA256
Cipher: AES-256


IP bocor dan mematikan switch

Jika VPN Anda bekerja sebagaimana mestinya, maka itu juga harus sepenuhnya menyembunyikan alamat IP Anda. Sayangnya, karena berbagai alasan, hal ini tidak selalu terjadi. Jika sebuah situs web dapat mengidentifikasi alamat IP Anda bahkan ketika Anda menggunakan VPN, Anda memiliki apa yang disebut kebocoran IP (alamat IP keluar).

Untuk mengetahui apakah Anda menderita kebocoran IP, kunjungi www.ipleak.net . Jika Anda terhubung ke VPN dan Anda bisa melihat alamat IP sebenarnya maka ada arus keluar IP. Itu berarti alamat IP terlihat oleh umum untuk semua orang.  

Masalah yang terkait dengan kebocoran IP adalah tombol mematikan (secara harfiah berarti "tombol darurat"). Sambungan VPN kadang-kadang dapat terganggu secara tiba-tiba dan tanpa ada peringatan karena berbagai alasan mengapa saya tidak menjelaskannya di sini. Dengan VPN yang bagus itu tidak terjadi terlalu sering tapi juga terjadi pada yang terbaik. Jika komputer Anda masih terhubung ke Internet setelah sambungannya hilang, alamat IP Anda mungkin terpapar.

Solusi untuk masalah ini disebut kill switch, emergency switch, yang melakukan dua hal a) memonitor koneksi internet dan b) mematikannya saat VPN berhenti browsing atau menggunakan firewall untuk mencegah lalu lintas meninggalkan komputer Anda di luar dari koneksi VPN Anda.

Banyak layanan VPN termasuk opsi mematikan saklar sebagai bagian dari penawaran perangkat lunak mereka namun opsi pihak ketiga lainnya juga tersedia. Atau, jika Anda merasa seperti itu Anda juga dapat mengkonfigurasi firewall Anda.

 
Bila SmartDNS lebih baik

Banyak orang menggunakan VPN terutama untuk menghindari pembatasan geografis dan dapat menonton program streaming yang biasanya tidak diizinkan pengguna internasional, di luar negara tertentu (bayangkan Netflix USA yang tidak mengizinkan Anda menonton film Netflix yang sama Italia).
Jika ini adalah satu-satunya alasan mengapa Anda memerlukan VPN dan Anda tidak tertarik dengan aspek privasi dan keamanan lalu lintas web, mungkin lebih baik jika Anda menggunakan layanan SmartDNS.
SmartDNS didasarkan pada teknologi VPN yang lebih virtual dan tidak merusak koneksi Anda, yang membuatnya lebih cepat daripada VPN. Ini juga dapat dikonfigurasi pada banyak perangkat yang tidak berfungsi pada klien VPN, seperti Smart TV, game, PlayStation, Xbox, Wii.

Komentar

Postingan Populer